Solusi Pembangunan Local Area Network

Local Area Network (LAN) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pajak dan retribusi daerah di Pemerintah Kabupaten / Kota memiliki peran penting dalam menjamin kelancaran operasional pelayanan pajak dan retribusi daerah. Utamanya Pemerintah Daerah mengandalkan pelayanan untuk wajib pajak dan retribusi daerah melalui pusat pelayanan yang berada di kantor OPD pengelola pajak dan retribusi daerah tersebut. Pada kantor OPD pengelola pajak dan retribusi daerah tersebut ada beberapa komputer yang digunakan untuk pelayanan, beberapa komputer lain digunakan untuk menginput data, beberapa komputer lainnya untuk verifikasi, pengesahan, monitoring, pengelolaan piutang, penanganan pengurangan, keberatan dan masih banyak lagi peran lainnya.

Pada OPD pengelola pajak daerah yang ada pada umumnya, biasanya ada sekitar minimal 50 komputer workstation aktif digunakan untuk berbagai macam keperluan. Jumlah ini terdapat pada OPD pengelola pajak dan retribusi daerah pada Pemerintah Daerah dengan ukuran pertengahan, pada daerah yang lebih besar kebutuhan tersebut bisa lebih besar. Pengaturan Local Area Network (LAN) di kantor OPD pengelola pajak dan retribusi daerah tersebut penting agar performa pengaksesan aplikasi dari masing-masing workstation ke server dapat berlangsung secara optimal. Demikian juga, jika ada masalah tertentu pada workstation tertentu, masalah tersebut dapat dilokalisir sehingga tidak mengganggu operasional komputer workstation yang lainnya.

V-TAX menyediakan solusi jasa konsultansi untuk pengorganisasian Local Area Network (LAN) pada OPD pengelola pajak dan retribusi daerah untuk memenuhi tujuan di atas. Layanan jasa konsultansi pengorganisasian LAN yang disediakan oleh V-TAX ini meliputi pembuatan desain sesuai dengan situasi dan kondisi pemerintah daerah, implementasinya serta support operasional selama masa garansi. Perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk pengorganisasian LAN dapat diadakan secara terpisah dalam skema belanja modal.